Template by:
Free Blog Templates

Monday, 10 May 2010

Mitos cinta


Fitri Yulianti - Okezone
Para peniliti menemukan fakta bahwa pria menilai pendidikan sebagai kriteria utama sementara wanita mencari pasangan hidup yang siap memulai kehidupan berkeluarga. (Foto: corbis)
ANGGAPAN umum seputar cinta pria dan wanita mengatakan, pria tidak romantis dan mencintai wanita berdasarkan ukuran fisik. Benarkah?
Sementara pria sering bertanya-tanya apa kriteria idaman wanita saat memilih mereka, begitu pun halnya dengan wanita. Para peneliti menemukan jawaban dari para pria dan wanita terhadap pertanyaan, apa yang mereka impikan tentang belahan jiwanya. Berikut ulasannya seperti dilansir Shine.
Pria tidak romantis
Seperti halnya sebagian wanita yang tidak begitu mahir mengekspresikan emosinya, sebagian pria mungkin lebih romantis dari sebagian lainnya. Faktanya, pria masa kini tidak takut menunjukkan sisi sensitif dan jauh lebih romantis.
Pria hanya mau melirik wanita bertubuh sempurna
Banyak wanita percaya mitos ini hingga membuatnya tidak puas dengan figur tubuhnya sendiri. Memang, pria senang dengan wanita cantik yang berseliweran di majalah dan televisi, tapi tidak berarti bahwa mereka berharap memiliki wanita-wanita tersebut dalam hidupnya.
Tubuh sempurna memang terlihat memainkan peran penting, tetapi ada beberapa faktor lain yang membuat pria jatuh cinta dengan seorang wanita, misalnya kecerdasan, humor, keanggunan, dan kepribadian. Menurut para ahli, pria benar-benar menyadari fakta bahwa supermodel di majalah bukanlah gambaran sebenarnya dari wanita idaman. Dalam kehidupan nyata, mereka menginginkan wanita yang lebih manusiawi, penuh cinta, dan yakin akan dirinya sendiri tanpa melihat bentuk tubuhnya.
Kriteria wanita idaman
Para peniliti menemukan fakta bahwa pria menilai pendidikan sebagai kriteria utama sementara wanita mencari pasangan hidup yang siap memulai kehidupan berkeluarga. Para peneliti dari the University of Iowa menemukan fakta bahwa pria semakin tertarik pada wanita berpendidikan ditambah memiliki prospek finansial yang bagus.
Sosiolog Christine Whelan and Christie Boxer dari the University of Iowa menganalisa hasil survei pada partisipan yang diminta merangking 18 karakter pasangan hidup ideal, dari hal kurang relevan hingga sangat penting.
Daftar teratas pada pria ditempati oleh cinta, kestabilan emosional, dan prospek finansial.
“Hasil tersebut konsisten dengan meningkatnya kesempatan pendidikan dan karier untuk wanita, dan keinginan pria untuk berbagi beban keuangan dengan istrinya nanti,” kata Whelan.
Sedangkan wanita menganggap kehalusan budi pekerti sebagai hal yang tidak penting.
“Mungkin ini berarti wanita akan lebih memaafkan pasangan jika ia lupa membawakan cokelat dan bunga saat kencan malam minggu, selama sang pria bisa memenuhi kualifikasi lainnya,” tutur Whelan.

0 comments: