Template by:
Free Blog Templates

Wednesday, 7 March 2012

Kita bisa lebih baik

Beberapa waktu lalu gak sengaja liat acara di tv,acara dialog tentang ekonomi indonesia.Salah seorang komentatornya bilang bahwa dia optimis ekonomi indonesia mampu menyamai china.
Hari ini aku tiba" kepikiran ,kayaknya omongan orang itu ada benernya juga.Kemaren temenku baru beli hp china.Eh hari ini dia udah uring uringan."Dasar hp china, baru dipake sehari udah rusak", gitu katanya.Barang china,terutama elektronik emang sering diibaratin sekali pakai,murah sih, tapi klo rusak dah gak bisa diselametin lagi.
Kemudian aku jadi mikir, klo kita dikatakan menyamai china emang ada benernya juga.Kalo mereka bisa buat barang sekali pakai kayaknya kita emang gak jauh beda.Kayak ditempatku,pondasi sunga grindulu yang baru setahun dibangun aja udah ambrol,baru juga kena sekali musim penghujan.Lihat juga jalan, baru beberapa bulan diaspal udah amburadul lagi.Yang lebih gede jembatan kukar,baru juga beberapa tahun udah rubuh.Dan pastinya masih banyak lagi diseluruh indonesia tercinta ini.
Aku jadi bingung, harus nyalahin siapa,apa salah para birokrat yang selalu meminta amplop ama kontraktornya,salah kontraktor yang mengesampingkan mutu buat cari untung aja,ato salah kita semua yang gak bisa berbuat apa apa.
Sebagai bangsa yang besar seharusnya kita mampu lebih baik dari ini.Bahkan lebih baik dari china sekalipun.Jadi jangan berbangga hati jika mereka bilang kita bisa menyamai china,kita harus lebih hebat dari mereka.
Chayo indonesia

0 comments: