Template by:
Free Blog Templates

Tuesday, 22 May 2012

Setiap detik yang berharga

Tadi pas iseng" buka facebook ada status yang membuatku miris. Seorang temen menulis " Lebih baek gak punya ortu, daripada punya tapi kayak gini". Mungkin dia belum pernah merasakan pedihnya kehilangan atau berada di situasi kritis sehingga tidak bisa menghargai kehadiran keluarganya. Entah mengapa aku begitu sedih, mungkin karena mengingatkanku pada masa lalu.Saat aku merasakan sendiri memperjuangkan nyawa ibuku.
Kejadian itu lima tahun lalu. Aku baru saja lulus sekolah. Tapi cobaan berat sudah menghadangku. Ibuku jatuh sakit, terkena glaukoma. Beliau merasa sakit yang termamat parah di kepalanya. Rumah sakit di daerahku tidak mampu menangani hingga harus dirujuk ke solo. Padahal keluargaku bukan keluarga berada bahkan bisa dibilang kekurangan. Ditambah lagi saat itu aku lagi lulus. Tapi untungnya keadaan mendidiku menjadi anak yang tidak manja. Saat sekolah aku sudah terbiasa bekerja sehingga sedikit" punya tabungan.
Akirnya aku nekat aja.Aku bawa ibuku ke solo dengan bekal seadanya.Aku cuma berniat mencari kesembuhan buat ibuku.Aku masih ingat sebuah doaku, saat itu setelah sholat aku berkata dengan airmata bercucuran pada Tuhan, aku bersedia menanggung setengah rasa sakit ibuku, karena saat itu aku tak tahu lagi bagaimana cara membantu mengurangi sakitnya.
Aku tak henti"nya berusaha dan berdoa dan mulai tampak hasilnya.Satu bulan kemudian ibuku keluar dari rumah sakit, kemudian membutuhkan satu tahun lebih untuk penyembuhan. Memang kemudian aku harus bekerja keras menanggung biaya pengobatanya, tapi tak sedikitpun aku menyesal atau mengeluh. Bukan hanya karena aku anak lelaki yang memang harus bertanggung jawab pada keluarga. Tapi juga karena dari kejadian ini aku menjadi lebih menghargai setiap kebersamaan dengan orang yang kusayangi, karena aku yakin sebuah pepatah, Tuhan kadang mengambil atau memisahkan kita untuk menyadarkan betapa berharganya kebersamaan itu.

Tuesday, 15 May 2012

Dialog empat lilin

Ada 4 lilin yang menyala,
Sedikit demi sedikit habis meleleh. Suasana begitu sunyi sehingga terdengarlah percakapan mereka.

Yang pertama berkata "
“Aku adalah DAMAI Namun manusia tak mampu menjagaku,
maka lebih baik aku mematikan diriku saja!”"
Demikianlah sedikit demi sedikit sang lilin padam.
Yang kedua berkata "Aku adalah IMAN, Sayang aku tak berguna lagi. Manusia tak mau mengenalku.
Untuk itulah tak ada gunanya aku tetap menyala.”"
Begitu selesai bicara, tiupan angin memadamkannya.
Dengan sedih giliran Lilin ketiga
bicara "“Aku adalah CINTA. Tak mampu lagi aku untuk tetap
menyala. Manusia tidak lagi memandang dan mengganggapku berguna. Mereka saling membenci,bahkan
membenci mereka yang mencintainya, membenci
keluarganya"
Tanpa menunggu waktu lama, maka matilah Lilin ketiga.

Tanpa terduga, seorang anak masuk ke dalam kamar dan melihat ketiga lilin telah padam. Karena takut, ia berkata “ "Apa yang terjadi?! Kalian harus tetap
menyala, Aku takut
akan kegelapan!".” Lalu ia pun mengangis tersedu-sedu. Hal itu membuat Lilin keempat terharu kemudian berkata "“Jangan takut, Janganlah menangis, selama aku masih ada dan menyala, kita tetap dapat selalu menyalakan
ketiga Lilin lainnya. Akulah
HARAPAN"
”Dengan mata bersinar, sang anak kemudian mengambil Lilin Harapan, lalu menyalakan kembali ketiga Lilin lainnya.
Yang seharusnya tidak pernah mati adalah HARAPAN yang ada
dalam hati…, dan semoga kita dapat menjadi alat, seperti sang anak tersebut, yang dalam situasi apapun masih memiliki HARAPAN sehingga mampu menghidupkan kembali Iman, Damai, Cintanya.

Friday, 11 May 2012

Nama baik itu segalanya

Hari ini jengkel banget.Tadi pagi udah diniatin buat benerin skok motor.Tapi karena hari ini kerja, akirnya aku bongkar di tempat kerja.Udah aku lepas sekalian kemudian kubawa ke tukang skok. Bengkelnya bilang kalo ntar sore jadi, sekitar jam 4 tan. Aku udah tekanin buat jadi sore ini karena motor posisi di tempat kerja, kalo gak jadi, ntar gimana pulangnya. Bengkelnya kemudian nyanggupin. Jam setengah empat akupun otw kesana. Sesampainya disana hatiku kesel bukan main, bengkelnya malah tutup.Brengsek banget tu bengkel, udah diandelin malah kayak tai.Akupun cuma bisa mengumpat dalam hati.Kalo emang gak sanggup kenapa gak bilang dari tadi.Bukankah ini sangat mengecewakan konsumen. Sebagai perusahaan yang menjual jasa, penilaian konsumen sangat amat penting.Bahkan menurutku kualitas baik lebih penting dari sikap baik.Saat sebuah perusahaan sudah di cap negatif, tinggal menunggu waktu kehancuranya.

Wednesday, 9 May 2012

Hidup itu saling membutuhkan

Dunia ini memang dipenuhi orang yang berbeda beda.Dari yang paling menyenangkan sampai yang menjengkelkan.Aku sebut menjengkelkan karena orang itu sebenarnya gak terlalu berpengaruh di hidupku, tapi sikapnya sering membuat kepala orang disekitarnya berasap.Seperti seorang temenku, dateng cuma kalo lagu butuh, mukanya dimelas melasin, ngrengek" minta dibantuin.Tapi kalo gak butuh, ketemu di jalan wussss, ngibrit aja kayak gak kenal. Aku sih sebenernya gak pengen disanjung sanjung, diharagai berlebihan. Tapi mbok yo yang sewajarnya.Ketemu di jalan, pas ngeliat, udah siap" senyum manis, eh dianya lewat begitu aja, hati kesel banget pastinya.Palagi kalo inget pas lagi memohon mohon pengen dibantuin. Ditambah lagi, kalo aku lagi males bantu pake maksa segala, emang aku bapaknya.Aku cuma berharap orang seperti ini segera sadar,sebenarnya dia akan mempersulit dirinya sendiri.Mungkin dia diberi kelebihan mempunyai wajah memelas dan merayu rayu, tapi jika terus terusan begitu, siapa yang mau.

Dasar cewek sekarang

Aku selalu percaya semua cewek memang ditakdirkan materialistis, memang sudah softwarenya.Tapi kemarin aku nemuin yang menurutku agak kebangetan. Sore itu aku lagi di kecamatan buat ngurus e ktp.Gak sengaja pandangan mataku tertuju ke arah seorang cewek yang menurutku lumayan manis.Oke nih buat digebet, batinku. Eh si dia ternyata ngrespon, senyam senyum sambil liatin aku.Tapi apadaya, waktu itu lagi sama nyokap, jadi kurang enak aja kalo belagak playboy, bisa abis digojloki ntar di rumah. Akhirnya mau gak mau kita cuma komunikasi lewat bahasa tubuh, saling lirik, saling senyum. Gak lama kemudian dateng seorang temen menyapaku, kemudian aku ngobrol ama dia.Perhatianku jadi gak fokus ke dia.Karena keasikan ngobrol, aku gak nyadar dia sudah selesai n mau pulang. Tapi aku lihat dia gak sendiri lagi.Dia jalan sama bapak",aku pikir bapaknya karena aku taksir umurnya terpaut 3 kali lipat.Pas lewat didepanku ternyata temenku kenal ama bapak" itu kemudian menyapanya.Setelah mereka pergi temenku bilang kalo cewek itu ternyata ISTRINYA, aku langsung syok seketika, sambil dalam hati mengumpat, tapi bersyukur juga, untung tadi gak tak samperin, bisa tengsin abis kan.Kejadian ini membuatku berfikir, cari cewek sekarang emang harus super hati", gak boleh liat body doang. Bisa makan ati ntar ngejalaninya.Lebih baik pelan" sambil buka mata buka telinga buat dapet yang terbaik. Semoga

Tuesday, 8 May 2012

Repotnya jadi orang Indonesia

Sore ini dapet info udah bisa foto ektp, karena ktp lama nyokap udah hampir kadaluarsa, akirnya iseng" otw kesana, wuih ternyata antrinya luar biasa.Ngalahin antri sembako.Tapi yo gimana lagi, udah terlanjur nyampe sini ya dijalanin aja berantri antri ria.Tapi emang ada yang mengganjal di benakku.Apalagi kalo bukan masalah pelayananya.Aku merasa masih sangat kurang bagus. Masih bisa ditingkatkan sehingga seharusnya masyarakat bisa lebih nyaman.Menurutku kelemahan bukan hanya di pelaksanaan saja. Dari pertama, saat pendataan memang sudah amburadul.Pertama soal jadwal. Aku baru tahu kalo saat ini adalah jadwal dari kelurahan lain. Seharusnya dibuat jadwal yang jelas kemudian diumumkan dengan jelas sehingga tidak ada yang kecele, seperti aku, walaupun sudah antri dari tadi, tetapi harus mengalah pada kelurahan yang terjadwal.Akirnya dapat no urut terakir.Kemudian dari tempat pelaksanaan. Semua dipusatkan di kecamatan.Aku lihat alatnya cukup kecil, mudah dibawa, kenapa tidak dilaksanakan per desa sehingga tidak terjadi antrian yang terlalu panjang.Misalnya sebuah desa diberi waktu 2 minggu harus selesai, setelah itu harus mengurus sendiri di catatan sipil aku kira itu lebih efektif. Itulah mungkin unek" tentang e ktp ini, tapi karena aku ini hanya orang kecil yang tidak punya kuasa, maka aku berharap para pejabat dibukakan mata, telinga dan hatinya untuk mendengar
nb: sampe aku selesai nulis ini belum juga dapet giliran,haduh, bisa begadang sampe pagi nih

Monday, 7 May 2012

Berlari ke ujung malam

Hujan tadi masih menyisakan rintiknya di luar sana.Kelabu, seperti hatiku yang masih setia dengan kegamangan. Semakin letih menapak jalan yang selalu berkerikil. Saat sang surya membakarnya, panasnya sampai kalbuku. Menghanguskan satu demi satu asaku.Hingga aku terlalu takut, bahkan untuk berharap, karena terlalu sering aku kecewa.Setiap pagi yang kurajut, selalu tragedi di senja yang kutemui.Sementara waktu terus bergulir.Dengan mulut lebarnya yang siap menelanku. Padahal aku sudah letih berlari.Semakin lama semakin habis nafasku. Haruskah aku berhenti. Membiarkan masa menggilasku. Merenggut semua impian.Menghempaskanya di kesendirian dan keterasingan.Tak tersisa apa apa. Walau sesungguhnya aku tak mau.Tapi benar" tak tahu arah yang kutuju.Hanya hitam, pekat dan gelap.Tanpa ada setitikpun cahaya. Entah bagaimanapun caranya, semua ini harus kuakhiri.Mungkin akan kutemukan cahaya, atau hancur tanpa sisa sama sekali.

Sunday, 6 May 2012

Sebuah obrolan kecil

Sebuah obrolan di sore yang redup

seorang cewek (C) : kalo ada cewek cantik, pake hotpants lewat didepanmu, apa yang kamu rasain?

Aku (A) : yo pertama nengok, bersyukur kemudian mikir

C : maksudnya?

A : pertama jelas nengok lah, aku kan cowok normal, kalo ada cowok pake hotpants malah nengok, itu baru gak bener

C : hahahaha

A : abis itu baru bersyukur, soalnya Tuhan udah ngasih vitamin gratis buat nyegerin mataku, katanya pandangan itu pertama rejeki kan,

C : yeee, maunya,,,

A : terus kemudian aku mikir......

C : pasti mikir jorok,,,

A : yee, enak aja, aku mikir orang itu, kalo bukan abg labil, pasti cewek gagal puber

C : lho kok gitu?

A : iya, kalo cewek matang, yang telah melewati berbagai ujian, pasti tahu kalo di dunia ini selalu berlaku hukum sebab akibat.

C : maksudnya???

A : iya, bukankah kalo pengen dapet pasangan yang baik, harus menjadi orang baik, pria yang baik akan dipasangkan dengan wanita yang baik pula

C : terus hubunganya ama cewek berhotpants tadi?

A : pernah gak denger pepatah jawa, ajining sarira gumantung saka busana (harga diri terlihat dari cara berpakaian), dengan berperilaku seperti itu, mereka justru merendahkan dirinya sendiri, dan otomatis yang akan tertarik pada mereka adalah orang" yang berperilaku rendah pula,

C : hemmm, bener juga, tapi buku gak bisa dinilai dari sampulnya kan?

A : benar, tapi setidaknya sampul yang baik akan menarik orang baik untuk melihat isinya kan,

C :iya sih, tapi jujur, kamu seneng kan kalo liat cewek berpakaian sexy,

A : yo seneng lah, apalagi kalo kamu yang lewat,pasti dobel senengnya,,

C : yeeee, maunya, ogah lah,,,

A : hahahahaha

Saturday, 5 May 2012

Aku sang bayang

Malam yang indah
aku berhasil mengagumimu
meski dalam hati
wangimu bisa kuhirup
walau ragamu tak terengkuh
kau begitu dekat
tapi sungguh tak terjangkau
aku tak mau mengulurkan tanganku
aku tak bisa
takdirku berkata
aku tak boleh bisa
karena itu aku bersembunyi
dibalik keangkuhan
meski diam diam memperhatikan
memastikan kau bahagia
jadi lanjutkan saja hidupmu
sebagai bunga yang mekar
aku hanya ingin menikmatimu
di kejauhan ruang sepiku