Template by:
Free Blog Templates

Wednesday, 29 August 2012

lelaki sejati itu...

Di jaman globalisasi seperti sekarang ini, mungkin sudah banyak yang lupa nasihat para tetua, padahal sebagai orang jawa,selalu ditanamkan untuk mikul duwur mendhem jero, mengangkat yg tinggi menanam yg dalam, yg berarti menghormati dan memperhatikan semua petuah dari orang terdahulu, karena menurutku banyak petuah itu yang masih relevan dengan keadaan sekaran.Seperti petuah yang pernah kudengar berikut ini.
Lanang sejati iku nduweni limang prasarat.Kapisan 'curigo', ateges gaman utowo keris yoiku sarana kanggo golek pangupo jiwo yoiku pakaryan.Kapindo 'turangga' ateges jaran, yoiku alat kanggo wira wiri, sing dituku nganggo usahane dewe. Katelu 'kukilo', ateges ingon' artine drajat sing duwur.Kapapat 'griya', artine omah sing dibangun dewe. Kalimo 'garwo' yoiku sisihan.
Artinya lelaki sejati itu mempunya lima syarat. Pertama 'curigo' berarti senjata atau keris,yaitu alat untuk mencari nafkah atau pekerjaan.Kedua 'turangga' berarti kuda yaitu alat transportasi yang diperoleh dg usaha sendiri. Ketiga 'kukio' yg berarti hewan peliharaan, dapat diartikan status sosial yg tinggi. Keempat 'griya' artinya rumah yg dibangun dg usaha sendiri. Kelima 'garwo' yg berarti istri.
Itulah nasihat para leluhur yang mengharuskan seorang lelaki untuk mampu bertanggung jawab kepada keluarganya.Karena sebagai seorang pemimpin sudah seharusnya mampu menjadi pengayom dan pelindung yang baik.

1 comments:

bpk muliadi said...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل